Sabtu, 18 Januari 2020



SUDARSIH (YU DAR)
Ingatan Ku tentang Yu Dar tidak terlalu banyak. Maklum kala di Magelang Aku tinggal bersama Mbah Jamal, dan ketika pindah ke Kendal, Yu Dar sudah berkeluarga dan ikut suaminya (Mas Marwadi).  Mas Marwadi adalah Guru di salah satu SMA Cirebon. Dari perkawinannya dengan Mas Marwadi lahirlah : Umi Khusniati (Umi), Ichwan Darmawan (Iwan/Tatang) dan Susy Kusumawati (Susy).
Ketika di Magelang, Yu Dar sering mendapat tugas dari Ibu untuk belanja ke pasar. Ada 2 (dua) pasar yang Aku ingat. Pasar Kebon Pala dan Pasar Besar (lupa namanya) di daerah pecinan (pertokoan pemiliknya cina) dan dekat dengan terminal bis.
Pasar Kebon Pala tidak terlalu jauh dari rumah. Letaknya bersebelahan dengan stasiun kereta api Magelang. Benar benar kereta api, karena bahan bakarnya kayu. Kayunya dibakar untuk mendidihkan ketel uap, dan uapnya dialirkan ke roda kereta api. Stasiun ini hanya  melayani jurusan Magelang – Yogya.  Kalau pas kereta berjalan, suaranya : “ojo jajan....., ojo jajan...., ojo jajan.....” itu kata kakak kakak Ku.
Untuk ke pasar, cukup jalan kaki. Dari Dukuh I melewati Taman Badakan (dulu dikenal dengan sebutan PARK, sekarang menjadi taman Akhmad Yani), menyeberangi Kalen yang berada di atas jalan, maka sampailah ke Pasa Kebon Pala. Jika sudah selesai belanja Yu Dar bilang : “ To mau apa”?  “ Jangkrik” jawab Ku. Memang Aku senang dengan jangkrik untuk di adu. Hampir semua teman teman Ku punya binatang ini. Kalau ke Pasar besar agak jauh dari rumah, melewati alun alun,   pecinan. Sepanjang pecinan tokonya bagus bagus, pasarnya bersebelahan dengan terminal bis Magelang.
Sepertinya Ibu sudah mengetahui bakat Yu Dar, pandai memasak. Makanya sering ditugaskan untuk berbelanja di pasar. Dan ternyata benar kepandaian ibu memasak menurun di Yu Dar.  Masakannya Yu Dar enak enak, sangat cocok dengan lidah Ku. Kalau Aku dan keluarga mau ke Kendal, biasanya Aku mampir di Cirebon. Rumah nya  di kampung TANGKIL, dekat dengan Sungai TANGKIL, tidak jauh dari jalan besar yang menuju ke Jakarta. Menurut Umi sekarang telah berubah menjadi Jl. Sumadinata no 73 RT 02 RW 01 Adidarma Cirebon. Makan siang di rumahnya dengan masakan yang telah disediakan nya. Dari itu situlah Aku mengetahui kehebatan Yu Dar memasak.
Saat ini, Yu Dar merupakan  kakak tertua, dengan usia 77 tahun. Semoga Yu Dar selalu diberi kesehatan dan kesempatan untuk dapat bertemu dengan KBW yang akan datang. Aamiin.

Tidak ada komentar: