Kamis, 03 November 2016

PENTINGNYA KAMUS KEPEGAWAIAN BAGI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS)
DAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS)
Oleh : Ir. Bambang Winarto, MM

Tidak dapat dipungkiri bahwa kedudukan dan peranan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebagai unsur aparatur negara dan sebagai abdi masyarakat, sangat menentukan dalam kecepatan pembangunan dan pelayanan publik. Untuk itu, peningkatan profesionalisme melalui pembinaan, peningkatan pengetahuan dan keterampilan, senantiasa dilakukan oleh pemerintah.
PNS tidak hanya dituntut kehadirannya di kantor saja, melainkan dituntut kinerjanya  yang terukur. PNS yang berkualitas menjadi tuntutan terselenggaranya pelaksanaan tugas yang baik sehingga efektifitas organisasi pemerintahan dapat terwujud. PNS dan CPNS bukan lagi bekerja seperti biasanya, akan tetapi harus dapat mengetahui berbagai istilah di bidang kepegawaian.
Text Box: KAMUS KEPEGAWAIAN  
REPUBLIK INDONESIA 

Ir. Bambang Winarto, MM
BERISI 1.001 ISTILAH KEPEGAWAIAN
DISUSUN ATAS DASAR REGULASI
PEGANGAN PNS DAN CPNS 


 



KAMUS KEPEGAWAIAN REPUBLIK INDONESIA yang disusun oleh Ir. Bambang Winarto, MM, merupakan satu-satunya Kamus Kepegawaian yang berisi istilah dan pengertian yang berhubungan dengan kepegawaian berdasarkan peraturan perundang-undangan. Sebanyak 1.001 istilah kepegawaian yang tersebar diberbagai peraturan perundangan disajikan dalam kamus tersebut. Istilah dan pengertian yang demikian banyak tidak mungkin untuk diingat. Satu-satunya cara adalah dengan memiliki “KAMUS KEPEGAWAIAN REPUBLIK INDONESIA” sebagai pegangan bagi PNS atau CPNS atau masyarakat yang berminat dalam bidang kepegawaian.


Sebanyak 340 peraturan perundang-undangan dijadikan refenrensi dalam penyusunannya, yang terdiri dari : 18 Undang-Undang, 36 Peraturan Pemerintah, 92 Peraturan/Keputusan Presiden, 132 Peraturan/Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, 38 Peraturan/Keputusan Kepala Badan Kepegawaian, dan 24 Peraturan/Keputusan  Kepala Lembaga Administrasi Negara.
Dalam suatu peraturan perundang-undangan  selalu didahului dengan istilah dan pengertian yang merupakan konsepsi dasar, yakni hal-hal yang dibahas dalam peraturan perundang-undangan  tersebut. Konsepsi dasar tercantum dalam  BAB I pasal 1 berupa ketentuan umum, berbunyi : “yang dimaksud dengan”. 
KAMUS KEPEGAWAIAN REPUBLIK INDONESIA terdiri dari 2 (dua) bagian yaitu : a). Isi Kamus Kepegawaian Republik Indonesia;  dan ; b). Lampiran.
a).      Isi Kamus Kepegawaian Republik Indonesia:
Berisi 1.001 istilah, masing-masing istilah terdiri dari 1-3 pengertian sesuai dengan regulasi yang dijadikan referensi.
Contoh :
1).       Aparatur Sipil Negara adalah profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah. (UU 5/2014). (Satu istilah, 1 pengertian).
2).       Pegawai  Negeri Sipil adalah : 1 warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai pegawai  aparatur sipil negara secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan. (UU 5/2014); 2  pegawai  negeri sipil  Pusat dan pegawai  negeri sipil  Daerah. (PP 24/2011); 3  setiap warga negara Republik Indonesia yang telah memenuhi syarat yang ditentukan, diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negara atau diserahi tugas negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (Permendagri 70/2011). (Satu istilah, 3 pengertian).
b). Lampiran :
Terdapat 4 (empat) lampiran, yaitu : Jenjang Pangkat, Golongan dan Ruang PNS, Jenjang Jabatan Struktural, Nama dan Pangkat Serta Golongan Ruang PNS dan Batas Usia Pensiun PNS.
KAMUS KEPEGAWAIAN REPUBLIK INDONESIA dapat diperoleh baik dalam bentuk EBOOK (DIGITAL) maupun dalam bentuk BUKU (HARD COPY). Untuk EBOOK harganya Rp. 20.000,- (Dua Puluh Ribu Rupiah), dengan menghubungi Ir. Bambang Winarto, MM melalui email bambang.winarto54@gmail.com atau HP : 081316747515, sedangkan dalam bentuk BUKU harganya Rp. 85.000,- (Delapan Puluh Lima Ribu Rupiah) ditambah dengan ongkos kirim, yang dapat diperoleh melalui http://nulisbuku.com/ .
Bagi PNS, CPNS dan para pencari kerja yang berminat menjadi PNS, sangat dianjurkan untuk memiliki kamus tersebut. Dengan investasi yang tidak seberapa dapat memberikan manfaat yang jauh lebih besar.
Semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat bagi CPNS, PNS dan masyarakat yang berminat menjadi PNS.

Tidak ada komentar: